Selasa, 23 April 2019

Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Scots


Artikel ini akan membahas mengenai materi tentang teknik dasar lompat tinggi gaya scots dan gaya pembelajaran untuk seorang pendidik untuk menyampaikan materi kepada siswa dengan metode bermain.

Gaya scots merupakan gaya yang paling tua usianya, maka sering disebut sebagai gaya ortodox. Bagi kita sering disebut sebagai duduk, karena posisi badan saat diatas mistar dalam posisi duduk. Sejak lompat tinggi mulai dilombakan, gaya scots inilah yang selalu dipakai oleh para peserta. Pada tahun 1934 berlaku aturan lomba bahwa dalam perlombaan saat melewati mistar posisi kepala tidak boleh lebih dari pinggul.
Berikut ini adalah teknik dasar melakukan lompat tinggi gaya scots

  • Awalan
            Awalan dari samping kanan atau kiri tergantung dari kaki sebelah mana yang akan dipakai untuk tumpuan. Apabila bertumpu dengan kaki kiri, awalan dari sebelah samping kanan dan apabila bertumpu dengan kaki kanan, awalan dari sebelah samping kiri. Sudut awalan relatif kecil, sekitar antara 30-35 derajat.

  • Tumpuan
           Bertumpu dengan kaki yang terjauh dari mistar, misal kaki terjauh saat mau melakukan lompat tinggi gaya scots adalah kaki kanan berarti kaki kanan lah sebagai tumpuan gerakan dan kaki kiri sebagai kaki yang terdekat dengan mistar sebagai kaki ayun yang diayunkan lurus kedepan atas untuk melewati mistar.

  • Melayang
Saat melewati mistar sikap badan tegak atau sedikit condong ke depan. Setelah kaki ayun bergerak turun (sudah melewati mistar), kaki tumpu diayunkan lurun kedepan untuk melewati mistar. Pada saat itulah seolah-olah si-pelompat duduk telunjur di atas mistar, diteruskan dengan kedua kaki saling menyilang dengan pertama kali diturunkan kaki ayun. Gaya inilah disebut gaya gunting asli.
  • Mendarat
Mendarat dilakukan kaki ayun terlebih dahulu. Misal kaki yang digunakan untuk menumpu yaitu kaki kanan maka saat mendarat terlebih dahulu kaki kiri sebagai kaki ayun. Inti dari teknik mendarat ini yaitu kaki tumpu dan kaki mendarat harus berbeda.

ini adalah contoh gerakan lompat tinggi gaya scots














Tahap –tahap pembelajaran lompat tinggi gaya scots bagi pendidik
Pembelajaran lompat tinggi gaya scots menggunakan tahap bermain, penjelasannya sebagai berikut:

Pada tahap ini bertujuan untuk mengenalkan masalah gerak lompat tinggi secara umum, khususnya lompat tinggi gaya scots secara tidak langsung dan cara lompat tinggi gaya scots yang benar ditinjau secara anatomis, memperbaiki sikap lompat tinggi gaya scots serta meningkatkan motivasi siswa terhadap pembelajaran.
Tujuan khusus dalam bermain lompat tinggi gaya scots adalah meningkatkan konsentrasi, kekuatan menolak, reaksi gerakan, dan percepatan gerak siswa, meningkatkan percaya diri, dan keberanian. Beberapa bentuk materi seperti gambar berikut ini. 





























referensi : Purnomo Edy dan Dapan.(2017).Ateltik.Yogyakarta.FIK UNY

Tidak ada komentar:

Posting Komentar