Senin, 22 April 2019

Peran Aktivitas Fisik Terhadap Pencegahan Penyakit

Aktivitas fisik adalah melakukan pergerakan anggota tubuh yang menyebabkan keluarnya keringat dan tenaga yang sangat penting untuk pemeliharaan kesehatan fisik, mental, dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari. Jenis aktivitas fisik yang dapat dilakukan berupa kegiatan sehari-hari, yaitu: berjalan kaki, berkebun, mencuci pakaian, dll. 

Olahraga adalah suatu aktivitas yang bertujuan untuk menjaga kebugaran jasmani dan terdapat teknik dasar tertentu dalam menjalaninya. Olaharaga dibagi menjadi 2 antara lain olahraga pendidikan dan olahraga prestasi.Sedangkan jenis olahraga yang bisa dilakukan yaitu: push-up, lari ringan, bermain bola, bola voli, basket dll
Artikel ini memfokuskan peran aktivitas fisik bagi tubuh untuk mencegah penyakit agar tubuh kita selalu dalam keadaan bugar dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
Hasil gambar untuk aktivitas ringan

Untuk melakukan aktivitas fisik dilakukan secara teratur paling sedikit 30 menit dalam sehari, untuk kesehatan jantung, paru-paru serta alat tubuh lainnya. 

Berdasarkan tingkatannya, aktifitas fisik dapat dibedakan sebagai berikut.

1.      Aktivitas fisik ringan adalah aktifitas yang memerlukan sedikit tenaga dan biasanya tidak menyebabkan perubahan dalam pernapasan. Contohnya, berjalan kaki, menyapu lantai atau semua kegiatan sehari-hari dalam lingkungan sekitar.

2.      Aktivitas fisik sedang adalah aktivitas yang membutuhkan tenaga intens atau terus menerus dalam melakukannya hanya memerlukan sedikit jeda dalam pengambilan nafas. Contohnya, berlari kecil, berenang dll.

3.      Aktivitas fisik berat adalah aktivitas yang berhubungan dengan olahraga yang membutuhkan kekuatan dan membuat berkeringat, biasanya sudah termasuk dalam lingkup olahraga yang harus memperhatikan teknik dasar dalam melakukannya. Contohnya, berlari, bermain sepak bola, senam aerobic dll.
Alasan mengapa olahraga atau aktivitas fisik itu penting?

Karena dengan berolahraga membuat otot dan rangka tubuh bergerak, sehingga denyut jantung meningkat, darah beserta oksigen dan nutrisi  bisa disalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Jika jarang berolahraga membuat distribusi oksigen ke seluruh tubuh terganggu maka dalam melakukan aktivitas sehari-hari tubuh akan terasa lemas karena kerja organ tubuh tidak maksimal dan gampang terserang penyakit.
 Hasil gambar untuk aktivitas ringanHasil gambar untuk bekerja semangat

Contoh beberapa manfaat kegiatan aktivitas fisik atau olahraga bagi tubuh :
  • Mengurangi Hipertensi: Olahraga teratur membantu membuat jantung lebih kuat sehingga mampu memompa darah lebih efisien ke seluruh tubuh. Ketika jantung tidak dibiasakan bekerja keras memompa darah maka kekuatan arteri dan tekanan darah lebih rendah.  Penyakit lainnya yang bisa timbul adalah stroke dan ginjal.
  • Mengurangi Sakit jantung: Olahraga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dan  meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik, yang membantu melindungi Anda dari penyakit jantung. Kadar LDR yang tinggi juga berisiko terhadap berbagai penyakit kardiovaskuler.
  • Mengurangi Osteoporosis: Kurang  olahraga bisa  membuat  tulang menjadi semakin lemah yang berdampak pada osteoporosis. Penyakit ini menyebabkan tulang mudah patah.
  • Mengurangi Artritis : Rasa nyeri, peradangan dan kekakuan sendi yang biasa terdapat pada artiritis dapat dikurangi secara signifikan dengan aktivitas fisik, yang meningkatkan suplai darah ke otot, meningkatkan fleksibilitas sendi, dan memacu kekuatan otot, tendon dan ligamen. 
referensi :
https://studylibid.com/doc/247226/bab-ii-aktifitas-fisik-untuk-pencegahan-penyakit-i
https://eventkampus.com/blog/detail/853/7-manfaat-aktivitas-fisik-bagi-tubuh



Tidak ada komentar:

Posting Komentar